Thursday, May 14, 2009

Tyler Durden

Kemaren gw nonton Fight Club lagi. Gila. Maksudnya, beneran gila. Gak waras. Psychotic. Pernah nonton? Gw gak mau spoiler, ceritanya emang gila, aneh, disturbing lah. Model yang gw suka gitu. Siap-siap. Dan kalo bisa jangan nonton sama orang tua. Ntar bisa kacau.

Tapi intinya, di film itu ada karakter yang punya semacem MPD (Multiple Personality Disorder) gitu. Kepribadian ganda, tau kan? Jadi orang itu gak sadar kalo dia berbuat kejahatan, misalnya, karena waktu itu yang muncul bukan dia, tapi kepribadiannya yang lain. Pokoknya kayak gitu. Dan ini menarik banget buat gw.

Soal MPD, gw harus ngomong soal Billy Milligan. Ada bukunya terbitan Qanita judulnya 24 Wajah Billy. Bukan fiksi lho. Ini orang punya 24 kepribadian yang beda-beda. Ada yang jenius, ada yang nyeni, ada yang religius, ada yang jago berantem, macem-macem deh.

Tapi yang bikin ini menarik (buat gw) sebenernya bukan banyaknya kepribadiannya. Emang, 24 itu banyak banget. Tapi yang lebih menarik lagi, si Billy ini berusaha menggabungkan, mengintegrasi semua kepribadiannya yang bikin kacau itu. Jadi, sebenernya, ada satu Billy, tapi kepribadiannya dipecah jadi 23, trus totalnya 24 deh. Kira-kira kayak Dr. Jekyll and Mr Hyde, tapi jauh lebih banyak dan ribet. Dan kenapa kepribadiannya bisa sampe pecah? Karena dia mengalami trauma parah. Pokoknya banyak masalah.

Jadi, menurut Billy, dia kepribadiannya bisa pecah, kepisah-pisah gitu adalah bentuk perlindungan diri. Jadi, misalnya, waktu ketemu orang jahat, kepribadian yang kuat secara fisik yang ngontrol. Waktu perlu bikin rencana, kepribadian yang pinter ambil alih. Begitu. Ada kemiripan sama Voldemort yang bikin Horcrux sih menurut gw. Jadi intinya, dirinya dipecah biar kalo satu bagian diserang, yang lain gak ikut kena dampak buruknya.

Tapi, setelah gw pikir-pikir, kayaknya gw juga melakukan yang kayak gitu. Bukan sampe kepecah sih, tapi kalo menghadapi bonyok, misalnya, gw jadi sopan. Kalo lagi sama temen, gw bisa dibilang rusak secara moral. Apalagi kalo gw lagi sendirian. Hahaha. Tapi bener gak? Waktu kita berhadapan dengan situasi tertentu, ada sifat-sifat dan sikap-sikap kita yang kita pendam, dan ada yang kita keluarin. Menurut gw ini ada hubungannya sama MPD. Mungkin MPD itu kayak gitu, cuman dalam tingkat yang lebih parah.

Di dalem bukunya, konflik utamanya itu perjuangan Billy untuk menjadi terintegrasi kembali. Untuk menggabungkan kepribadian-kepribadian itu. Gw juga mau kayak gitu. Gw mau jadi orang yang gak berubah sifatnya biarpun berhadapan sama siapapun, bonyok kek, temen kek, presiden kek. Mungkin itu ya yang namanya integritas? Haha.

Tapiiiii.... Susah kayaknya.

"Only after you have lost everything, that you are free to do anything." -Tyler Durden-

3 comments:

Ardhn Mohammed said...

Hmm..ini yang gw maksud kompleksitas manusia tadi malem. Gw juga pengennya gitu, konsisten. Gw benci inkonsistensi. Tapi....we are humans after all. Kalo tetep sama nanti kaya robot dong

Al-dhino said...

'Hey, you created me. I didn't create some loser alter-ego to make myself feel better. Take some responsibility!'
-Tyler Durden-

Kejadian Nyeleneh Ada di Mana - Mana said...

enak ga yah punya kepribadian ganda?????