Thursday, January 8, 2009

Oedipus Complex? Ha! Ha!

Hmmmm.

Gw baru dari SMA Al-Izhar di Pondok Labu, ngecek tempat USM ITB bla bla itu lah. Dari sono gw pulang. Itu gw naik mobil, bareng bokap.

Kira-kira 15 menit setelah dari Al-Izhar, di radio ada orang ngomong "...wakil dari kelima agama di Indonesia mengadakan ibadah bersama...." ato apa lah semacem itu. Gw penasaran, terus nanya ke bokap. "Kenapa di Indonesia agama cuman 5?" Abis itu dijawab, katanya karena dulu wakil-wakil Indonesia pas bikin negara mengakuinya emang cuman 5 agama itu. Gw bales bilang, terus KENAPA cuman 5? Kalo ateis gimana?

Kata-kata bokap yang berikutnya bikin opini gw terhadap dia turun banget.

"Ateis ya engga dapet tempat di Indonesia. Engga sesuai dengan Pancasila."

Tuh. Gw debat dong, masa orang engga boleh bebas milih kepercayaan?
Abis itu dia bilang, "Bebas milih agama, tapi di antara 5 agama yang udah diakuin."
Gw bales, "Kalo gitu bukan bebas dong namanya!"
Dia bilang lagi, "Bebas, tapi engga sebebas-bebasnya."

Di situ gw stop. Kalo udah kayak gini, perdebatan sama bokap gw biasa berakhir dengan dia suaranya meninggi dan gw dimarahin. Dia orangnya emang gitu. Waktu itu pernah gw diskusiin pilihan jurusan kuliah gw entar. Gw pengennya kan masuk MIPA (fakultas sains yang menurut gw paling deket sama filsafat), tapi ditentang keras. "Kere kamu nanti," gitu katanya. Gw sih pengennya bilang "biarin lah" tapi gw rasa engga bakal diterima dengan baik. Akhirnya disuruh masuk Teknik Kimia. Hiiiii kimia. Sial.

Tapi, menurut gw, kalo bebas engga sepenuhnya, engga sebebas-bebasnya, bukan bebas namanya.

3 comments:

Ardhn Mohammed said...

Memang, banyak yang banyak omong soal kebebasan tapi sebenarnya hanya kebebasan palsu

Anyway man, kimia? Hiii juga ah..gw juga sensi ama yg namanya kimia...haha

esther said...

ya tuh dah gw baca blog lo. hahahha. teknik kimia? gw tau tuh, tulang jalan intan dari teknik kimia bukan sih?

kalo emang pengen mipa ya mipa aja. kalo mo filsafat, ga milih psikologi aja, ato bahasa gitu?

Adistria said...

haha masalah orang tua emang suka bikin ribet. maklum lah, sebagai ortu, ekspetasi mereka ke anaknya pasti tinggi.

hmm.. filsafat yah.. apa ga sebaiknya ke psikologi atau kriminologi aja? atau mungkin ilmu budaya.