Monday, March 2, 2009

Angin-anginan

Hmmmm.

Gw lagi mikirin beberapa hal tentang udara.

1. Pernah ngamatin gak, kalo lo tiup tangan lo dengan lafal 'fuuuuuuh' (ngerti gak?) rasanya dingin, tapi kalo pake lafal 'haaaaaaaah' rasanya panas/anget? Harusnya kan temperatur udara di mulut pada kedua kasus tersebut sama kan?

2. Pasti pernah dong, ngerasa kepanasan di siang hari yang terik dalam suatu ruangan? Panasnya sampe udara juga panas, bukan cuma karena kena matahari. Orang kalo kepanasan pasti suka kipas-kipas kan? Tapi sebenernya ngipas itu sendiri apa? Intinya kan menggerakkan udara ke arah kita. Tapi kenapa rasanya dingin, padahal udaranya itu-itu aja kan? Malah, karena udaranya kita gerakin, bukannya kita nambahin energi? Harusnya tambah panas kan?

3. Kemaren gw, nyokap gw, ama adek gw makan di restorannya Ray A. Kroc. Kalo ga tau cari di Wikipedia sana. Nah abis makan gw cuci tangan (sebelom makan gw kaga cuci tangan, he he). Di sana ada pengering tangan yang kerjaannya ngeluarin udara panas. Tau kan, yang lo taro tangan lo di bawah mesinnya, terus entar kering sendiri. Nah itu cara ngeringinnya gimana? Apa cuma ditiup aja, terus airnya terbang? Ato airnya dipanasin sampe menguap? Tapi bukannya air menguap pada suhu seratus derajat Celsius*? Apa bener tuh tangan kita dipanasin sampe segitu? Tapi kalo ternyata cuma ditiup, kenapa anginnya harus panas (dan sebenernya, kenapa harus pake mesin segala)?

Ada yang bisa membantu? He he.

Nuts.

10 comments:

Ardhn Mohammed said...

Menurut gw...

1) Gw juga bingung

2)Pas kita ngipas udara kan bergerak, dan muncullah angin. Energi dari angin itu mengacaukan aliran kalor ditempat terjadi angin, dan suhu di situ menjadi dingin. Alhasil, sesuai prinsip kalor yang berpindah dari yang panas ke dingin, angin yang suhunya lebih kecil sedikit membawa panas di sekitar kita dan sesaat ada sensasi dingin.

3) Alat itu tentu untuk menghasilkan angin panas secara otomatis. Angin panas itu berguna buat nerbangin uap air, dan ngebantu air berubah menjadi gas. Yang kalo 100 derajat celcius itu mendidih hap, bukan berarti dibawah 100 itu ga ada penguapan. Soalnya, air laut ga mungkin 100 derajat kan? Tapi toh menguap juga. Gitu juga pakean2 kita yang dijemur

Sekian jawaban dari anak kelas 3 SMA yang pengetahuan fisikanya terbatas

The Blangkon said...

1. ada alasannya pasti tapi gw belom tau apa hehe

2. Gw belom tau juga

3. Kalo ini sih gw jawab pake logika gw. Jadi ada beberapa handdryer yang dingin juga kayak ac, kesimpulan yang gw tarik, tangan kita kayak ketiup, airnya kesapu dari tangan. Kadang gw liatin geraknya air dari tangan gw dan gw liat jatoh ke bawah, jadi bawahnya basah. Yang dingin, lobang ngeluarin anginnya kecil-kecil jadi lebih besar tekanannya hehe. Menurut gw gitu sih.

kerupukdicabein said...

1) haha

2) gw belom ngerti soal 'mengacaukan aliran kalor', tapi apa penjelasan ini maksudnya: 'untuk mendinginkan diri sendiri, kita mendinginkan tempat lain'? menarik juga

3) hm bener juga tuh. gw jadi malu. gw sendiri sampe lupa kalo penguapan itu cuma lepasnya ikatan-ikatan antaratom. pendeknya, gw lupa omongan gw sendiri di post gw sebelomnya. gw masih perlu latihan

Ha ha! Kalo ada yang kaga setuju, debat aja! Jangan biarin pemikiran 2 orang anak SMA kayak gini tanpa tantangan! Hajarlah kami! Ha ha!

kerupukdicabein said...

bangke si blangkon post comment 2 menit sebelom gw, jadi harus direvisi deh. huh

ah ternyata gak usah ah. biarin aja. ganti aja '2 orang anak SMA' jadi 'beberapa anak SMA'

ha ha

Al-dhino said...

1) menurut gw, itu berpengaruh. jadi gini, tergantung jarak tangan kita sebenarnya. kalo lo niup yg 'fuuuh' tapi tangan lo deket lobang mulut lo, pasti bakal terasa agak panas. kita bakal terasa dingin soalnya pengaruh tangan kita yg lebih jauh dari lubang mulut, terus kecepatan udara yg keluar dari mulut lebih cepat daripada 'haaaah' dan udara yg cepat itu suhunya malah turun karena pengaruh suhu ruangan dan kecepatan udara yg melesat..

2) lagian ngapain juga kipas2 pas lagi panas. itu si sama aja buang2 energi. ntar pasti bakal capek sendiri. kalo kipas2nya berhenti, jadinya panas lagi kan..

3)angin panas woi. menguapkan air yg volumenya lebih kecil. ga harus nungguin 100 drjat celcius..

The Blangkon said...

@Sepur Nyungsep: ada yang dingin. Gw waktu di FX atau Pacific Place ada beberapa kamar mandi yang hand-dryer-nya dingin. Yang merk Toto bisa di atur temperaturnya kalo gak salah. Cobain kamar mandi tiap mall deh, beda-beda, ada anget, cukup panas, dingin.

Mysterious Stranger said...

kapan2 gw cari tau deh

esther said...

1. menurut gw, karna kalo kita fuuhh, itu bibir kita monyong. jadi udara kena bibir kita duluan (yang suhunya lebih dingin gara-gara ada air ludah juga jadi dingin). kalo 'hahhh' kan langsung dari dalam badan. sementara emang suhu di dalem badan lebih panas dari di luar

trus menurut gw, angin itu karna hampa udara yg tercipta gara2 molekul2 udara berpindah tempat tiba2, jadinya ada hampa udara seketika yang membuat molekul lainnya ingin mengisi kekosongan tersebut.

weessss, sotoy abis gw. teori baru. haha.

Adistria said...

hahaha menarik banget nih!
kalo dipikir2 iya juga ya.. gue menyimak jawaban yang dikasih orang2 lain juga deh, penasaran juga soalnya. hahaha! kerupuk kreatif banget deh.

oh iya
baca blog gue yang lainnya ya:
http://theblognameistakentoo.blogspot.com/
thanks! (: (: (:

Koran Saya said...

iya juga, kenapa yang satu dingin yang satu panas??