Wednesday, March 25, 2009

'Losing My Religion' by REM

Hehehe, ada temen gw yang merenungkan masalah agama juga. Soal Adam-Hawa dihukum Tuhan. Itu topiknya menarik lho.

Gw juga lagi ada masalah dikit sama agama. Jadi gini, gw dibesarkan dalam keluarga Kristen Protestan. Tapi, sekarang, gw berpikir agama itu engga penting. Kenapa? Ayo sini gw coba jelasin.

Menurut gw, tiap orang harusnya punya pemikiran sendiri-sendiri. Harusnya. Jadi, harusnya, tiap orang ada agama sendiri (Jumlah agama : Jumlah orang = 1 : 1). Ya enggak? Maksudnya, coba kita bayangin orang primitif, pas muncul agama/kepercayaan pertama. Mungkin lebih tepat kalo disebut 'saat pertama manusia mulai memikirkan sesuatu selain yang kasatmata.' Menurut gw, tiap orang bertanya-tanya sendiri. Dan masing-masing mikir jawabannya sendiri. Intinya, tiap orang punya pandangan mereka sendiri, ide-ide mereka sendiri, agama mereka sendiri.

Tapi terus kenapa agama di Bumi cuma sekian? Apalagi di Indonesia, dikit banget kan yang diakuin?

Menurut gw begini. Tiap orang punya agama sendiri, bener. Tapi dari semua pemikiran itu, biarpun semuanya unik, mereka bisa digolongin berdasarkan sesuatu, ada kemiripan di antara mereka. Jadilah kelompok orang beragama. Gw rasa itu engga jelek. Kan jadinya kayak semacem klub gitu kan, kayak Order 66, komunitas penggemar Star Wars di Jakarta. Tapi yang menurut gw jadi masalah adalah kalo kita engga mikir dulu, dan langsung ikut kelompok agama tertentu tanpa sebelomnya punya sudut pandang sendiri. Kalo udah gini, jadinya agama mengontrol manusia, dan muncul orang-orang fundamentalis. Ekstremis. Fanatis berlebihan.

Oke, agak kejauhan. Balik lagi. Jadi, masalah gw apa?

Dalam agama Kristen, ada yang namanya sidi. Itu intinya adalah pengakuan percaya terhadap iman Kristen. Kalo udah sidi, jadilah kita Kristen resmi. Mungkin kalo di Islam kayak ngucapin kalimat syahadat lah ya? Ya gitu lah. Lalu masalahnya?

GW BELOM MAU MENGAKU PERCAYA. GW GA MAU MASUK KE SATU AGAMA TERTENTU.

Kayak yang gw bilang di atas, gw nganggep agama itu engga penting. Yang penting adalah pemikiran, filosofi, ideologi gw sendiri untuk diterapkan dalam hidup gw sendiri. Ya, mungkin itu sih yang dimaksud dengan agama. Tapi maksud gw, gw ga mau ikut-ikutan orang, apalagi untuk hal yang krusial banget sama hidup gw. Mungkin gw bukan orang beragama, tapi gw bertuhan. Dan itu perlu dibedain.

Yaah, kalo cuma gitu mungkin engga ada masalah ya. Masalahnya adalah sama orangtua gw. Mereka (jelas) engga mau gw jadi orang non-Kristen. Dan gw gak bisa jelasin semua ini tanpa bikin mereka marah atau sedih. Soalnya ini emang bertentangan banget sama pemikiran mereka.

Wow udah malem. Ngantuk juga ya. Mungkin ini gw lanjutin lagi beberapa hari lagi. Iya, sori, masih ada lagi. Tapi engga banyak kok. Gw rasa ga akan sepanjang ini, tinggal dikit lagi yang mau dibahas. Dan emang fokus pembicaraannya agak beda, biarpun masih nyambung, jadi gw pisah aja. He he.

May The Force be with you.

2 comments:

Anonymous said...

Woaaa.. cool one!!! Hhahaha I like it! You got a great mind man! Lo bener2 kritis!

Anyway, mau ngutarain pendapat aja. Misalnya seperti lo bilang, semua orang punya pemikiran dan agamanya sendiri, apa dunia ini ga bakal kacau? Kan kita perlu yang namanya sistem. Katakan lah, si A berpendapat bahwa agama yang benar adalah yang mengikuti hawa nafsu sex. Nah, dia menganggap bahwa merkosa itu termasuk bagian dari ngejalanin agama dia, dan jadilah dia merkosa semua cewek yang dia temuin, tanpa takut apa pun karna dia pikir, ini ajaran agama. Bisa aja seorang anak merkosa ibunya, atau ayah merkosa anaknya dengan dalil agama. Yah, memang itu udah kejadian di dunia ini, tapi kalo make dalil agama kan tambah parah kan? Makin banyak kasus yang bakal terjadi. Gimana tuh? Trus misalnya ada orang yang bilang ngebunuh itu ajaran agama, karena itu orang yang dia kesel langsung dibunuh sama dia. I say this world needs a system, yang bisa mengatur orang secara spiritual, bukan hanya dengan ancaman hukuman dsb (I'm talking about 'Law System', yang notabennya gampang dibengkokin)

Soal grup orang yang pikirannya sama, gw suka tuh. Emang, menurut gw ga baek kalo kita ngikut agama asal ikut aja, katakan lah karna ngikut orang tua. Agama KTP doang lah istilahnya kan? Yes, people should think carefully. Ga bisa tuh namanya cuma ngikut2. Kalo cuma ngikut2 nanti gampang dimaenin menurut gw (pola pikirnya)

Secara keseluruhan, nice post man

kerupukdicabein said...

Lho emang ada kan orang-orang kayak gitu. Merkosa karena 'agama', ngebunuh karena 'agama'.

Tapi menurut gw kebalikannya. Lo tau kan ada orang gila bola? Misalnya dia penggemar berat MU. Tiap pertandingan dia nonton langsung. Tiap ada outing MU Fans Club ikutan. Kalo MU kalah sama Chelsea misalnya, marah dan musuhin Chelsea, bahkan bisa sampe berantem. Mungkin dia bahkan bisa ngasih seluruh hartanya, seluruh waktunya buat MU dan Fans Club itu.

Kalo udah gitu, MU udah jadi agamanya. Kalo diliat dari sudut pandang beragama, MU itu jadi berhala.

Maksud gw itu. Begitu orang itu udah menjadikan sesuatu (entah itu tim bola, uang, bendera, gagasan, Tuhan, ato orang) sebagai pusat kehidupannya, itulah agama dia.

Dan gw masih percaya sama nurani manusia, jadi kalo ada orang yang merkosa dan/atau membunuh demi 'agama', ato kalo ada 'agama' yang nyuruh orang buat merkosa dan ngebunuh, gw ngeliat itu sebagai sekadar pemikiran cabul ato sadis yang punya pendukung.

Sebenernya gw masih pengin nulis lagi di sini, tapi kepanjangan, jadi buat post berikutnya aja deh. Kan emang direncanain bersambung juga. Haha.