Tuesday, December 16, 2008

Saying 'screw you guys, I'm going home' is not as easy as Cartman made it look. Especially to your parents.

Saya benci mengisi formulir. Benci banget. Apalagi kalo isinya tentang sekolah.

Misalnya, gw ada satu formulir tentang Singapore Scholarship bla bla bla gitu. Deadline-nya kayaknya udah lewat. Gw belom ngisi. KAKAKAKAKAKAKA

Trus tadi di sekolah gw liat ada temen sekelas gw bawa formulir ITB gitu. Yah karena gw disuruh bonyok cari tau tentang universitas, ya gw liat aja. Dan gw kaget karena isinya buletan-buletan berisi karakter yang mengingatkan gw pada dua kata: Netis Media. Sompret. Ini udah formulir, harus ngitemin buletan lagi. Males banget dah gw.

Kalo liat di paragraf sebelomnya, ada tulisan tentang gw DISURUH bonyok nyari info untuk pendidikan gw selanjutnya. Betulan, gw kalo engga disuruh pasti males. Biasanya bonyok yang tau duluan soal begituan. Padahal anak sekelas udah pada sibuk ikutan bimbel lah, SIMAK UI lah, tryout segala macem lah, tes skolastik lah (BTW bagi lo-lo yang nilainya bagus selamet yak). Gw kalo dibandingin sama mereka kayak apa ya? Ganggang ijo kali ya?

Tapi gw rasa itu bukan sekedar karena gw males. Gw rasa ada alasan yang agak lebih mendalam dan menjiwa dari itu. Salah satunya, gw berpendapat kalo mungkin gw gak usah ngelanjutin pendidikan formal. Maksudnya, gw bisa kan beli buku tentang hal-hal yang pengen gw pelajarin, trus baca sendiri? Kalo engga ngerti kan tinggal tanya yang ngerti. Bedanya sama kalo kuliah apaan coba? Palingan juga cuman engga punya gelar S1. Tapi masalahnya sekarang kayaknya kebanyakan orang kuliah buat dapet gelar, bukan buat memperdalam pengetahuan. Sama kayak anak sekolah yang belajar biar bisa lulus ujian, bukan buat mengetahui sesuatu yang baru. Ini yang menurut gw engga bener. Ini yang bikin gw males belajar. Guru juga kebanyakan ngajarnya gitu, cara-cara buat lulus ujian. Sedikit guru yang gw tau yang ngajar untuk memperluas wawasan. Serius deh.

Itu pendapat gw. Yang jadi masalah itu pendapat bonyok gw. Bilangnya 'mau jadi apa lo nanti kalo engga punya gelar?!' (Beneran. Bokap gw sering manggil anaknya dengan 'lo.') Dan gw emang masih merasa terikat sama mereka. Bukan maksudnya bergantung lho. Gw sih ngerasa gw oke-oke aja kalo gw idup di hutan, nyari makan dengan berburu ato metikin buah. Yang keberatan bonyok gw. Mana mau mereka punya anak orang liar. Itu maksudnya keterikatan gw sama keluarga gw.

Mungkin asyik juga ya bisa hidup tanpa ikatan sama sekali. Kayak si Yesus sama si Siddartha.

1 comment:

Ardhn Mohammed said...

Pengen komentarin ttg pengisian formulir aj

Ya, saya juga BENCI NETIS MEDIA!!!

Menghitamkan jawaban adalah pekerjaan yang menyakitkan tangan dan jari, pundak, serta memberi tekanan batin dengan pikiran 'apakah jawaban saya dapat dibaca komputer???'