Sunday, July 26, 2009

Bingung? Selalu.

Hahahahahaha! Yess gw ketawa lagi! Mari kita manfaatkan kesempatan ini!

Kemaren gw ama temen nonton Public Enemies di Citos. Trus selama nunggu, main di Timezone. Gw trus beli susu. Buat apa? Buat diminum lah! Haha.

Tapi trus temen gw ada yang nyeletuk.
"Eh gw kayaknya pernah baca di mana gitu katanya susu itu ga bagus."
"Ga bagus maksudnya?"
"Yaa ga bagus buat kesehatan."

Habis itu gw ama dia agak berbincang-bincang dikit soal itu. Tapi yang ada di pikiran gw adalah....

Kenapa kita minum susu sapi???

Serius. Sapi ga minum susu kuda toh? Trus kenapa manusia minum susu sapi? Dan susu-susu lainnya juga? Susu kuda, susu kerbau, susu kambing juga diminum kan?

Mungkin ada yang bakal bilang, 'Oh iya, soalnya susu mengandung kalsium bla bla bla bagus untuk tulang bla bla bla bergizi bla bla bla.' Tapi (koreksi aja kalo salah) bukannya manusia minum susu sapi bahkan sebelom kita tau kandungan susu itu sendiri? Dari zaman kapan gitu. Di Alkitab (salah satu sumber sejarah yang paling awal yang gw pernah baca) udah ditulis kok soal susu.

Trus kalo dipikir lebih lanjut ya, sebenernya gw agak heran ngeliat pola makan manusia. Kayaknya segala macem dimakan. Daging dimakan. Taneman juga. Susu juga. Madu juga. Dan ini belom soal makanan yang diolah lho. Masih yang berupa bahan mentah.

Maksud gw gini. Singa, dengan makan daging doang, bisa bertahan hidup. Kuda, biarpun cuma makan rerumputan sama mungkin buah, juga selamat-selamat aja. Dan mereka ga perlu tau bahwa daging mengandung protein apa dan apa atau bahwa buah mengandung sukrosa dan lemak dan lain-lain. Sementara manusia, karena kita 'tau' bahwa segala macem itu mengandung bahan-bahan yang dianggap 'baik' dan 'berguna' untuk tubuh, kita makan itu. Ya kan? Bahkan kita sampe mengekstrak atau mensintesis bahan-bahan yang diperlukan itu dalam keadaan murni. Kayak obat, misalnya.

Jadi, intinya, gw bingung. Sebenernya, makanan alami buat manusia itu apa? Biji-bijiankah? Buahkah? Dagingkah?

Atau, mungkin, kalo diliat dari sudut pandang evolusi (ya, gw percaya evolusi, jadi bagi orang-orang yang percaya bahwa manusia diciptakan untuk menguasai dan mengatur dunia dan segala isinya, maaf aja), mungkin yang terjadi adalah gini: kita, manusia, adalah keturunan dari makhluk-makhluk yang, untuk alasan apapun, terbiasa makan segala macem makanan. Dan mungkin itu yang bikin kita (menurut kita, paling enggak) lebih canggih, lebih mutakhir, lebih kompleks daripada hewan-hewan lainnya. Mungkin begitu.

Dan mungkin masih ada kemungkinan-kemungkinan lain! Hahahahaha! Seru abis.

5 comments:

Mysterious Stranger said...

yaaaaa, mungkin karena itu kita satu2nya makhluk yang menjadi top of the food chain kali, kalo masalah makanan yang sehat, siapa tau, mungkin aja singa selalu mules2 gara2 gak makan sayur2an.
kalo masalah susu
have you ever heard about remus and romulus, find out about it.

The Blangkon said...

Mungkin karena gak mungkin kan ada perah manusia? Yang bener aja lo hahahaha

kerupukdicabein said...

@stranger: remus and romulus? tau yang dibesarin sama serigala kan. memangnya anda minum susu serigala, mas stranger? menarik juga

@blangkon: yaa logisnya sih gitu. kayak yang gw bilang, sapi ga minum susu kuda toh?

tapi maksud gw sebenernya, KENAPA kita sampe pake ngambil susu jatah anak si ibu sapi buat kita? ngapain gitu? apakah emang manusia perlu susu sapi buat bertahan hidup? kalo ternyata emang gitu, berarti sebenernya manusia harusnya udah punah dari lama dong

The Blangkon said...

Karena manusia punya akal yang mengakali segala makhluk hidup lain...MUNGKIN! hehe

Ardhn Mohammed said...

Soal perah manusia, ada kok. Di Cina ada restoran dimana di dalemnya isinya cewek2 yang buah dadanya diperah untuk menghasilkan susu segar bagi pelanggan



trus komentar soal jenis susu ya



gw rasa karena selera itu mah hap. Yang minum susu onta dan kambing banyak. Tapi soal susu kuda dan susu lainnya emang jarang banget. Sekali lagi, menurut gw ini masalah perisa dan selera (siapa tau gak enak)


trus soal makanan
kan ada omnivor carnivor dan herbivor

manusia omnivor. Dari gigi kita udah keliatan kita emang omnivor (ada gigi taring untuk mengoyak daging, dan juga banyak gigi yang datar, tidak keseluruhan taring atau keseluruhan gigi bukan taring (apa sih istilahnya))

Dan, karna kita emang bisa makan segala, kenapa tidak?

tapi soal pandangan makanan alami manusia, yaitu segala sesuatu, dan pembahasan gw mengenai gigi itu pendapat gw aja ya, gw bukan ahli biologi

lagian, emang bener hap orang yang idup cuma makan sayur doang. yang idup cuma makan daging doang juga ada kok


soal evolusi, gw bukan penganut teori itu ya, tapi kalo mau dibahas dari situ, kita kan keturunan monyet, toh, monyet itu omnivor juga (makan buah2an iya,
makan binatang juga iya (serangga))

sekian pendapat gw